Bandingkan Daftar

7 dari 10 orang Indonesia tetap Memilih KPR

  • 05/06/2018
  • KPR
  • 0
7 dari 10 orang Indonesia tetap Memilih KPR
Spread the love

Berdasarkan data Bank Indonesia per triwulan I/2018, sebanyak 75,8% konsumen di Indonesia masih menggunakan KPR sebagai fasilitas utama dalam pembelian properti residensial. Sedangkan 14,93% konsumen memilih membeli rumah secara tunai bertahap dan sisanya 9,27% memilih skema pembayaran tunai.

“Dari sini terlihat bahwa peluang masih terbuka lebar. Kami sebagai pihak bank optimistis dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan persiapan yang sudah dilakukan,” tegas Direktur Utama BTN, Maryono.

BTN sendiri hingga April tahun ini terus mencatat adanya pertumbuhan KPR. Per April 2018, KPR BTN tumbuh 22,03% secara tahunan (year-on-year) dari Rp112,3 triliun di April 2017 menjadi Rp137,05 triliun.

Capaian pertumbuhan tersebut berada di atas rata-rata kenaikan KPR/KPA industri perbankan nasional. Data Otoritas Jasa Keuangan merekam KPR/KPA di industri perbankan nasional hanya naik sebesar 11,9% yoy per Maret 2018.

Maryono pun yakin perseroan mampu mencapai target pertumbuhan KPR tahun ini dengan berbagai inovasi produk dan transformasi digital yang diluncurkan. Terlebih masyakarat Indonesia masih memilih KPR sebagai opsi utama untuk membeli hunian.

“Melihat angka kebutuhan rumah yang masih tinggi serta berbagai inovasi yang kami lakukan untuk memfasilitasi kebutuhan akan hunian tersebut, kami optimistis KPR akan tumbuh di atas 20% pada tahun ini,” ujar Maryono.

Mau dapat uang tunai total Rp10 juta untuk lima orang pemenang? Ikuti Survey Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2018 di sini!

Survey ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen properti terhadap kondisi pasar properti saat in, yang hasilnya akan berguna bagi para pelaku pasar properti, baik konsumen, penjual, maupun pembuat peraturan.

Peluang Buyer’s Market di Ramadan

Sementara itu di bulan Ramadan, Pemerintah memiliki strategi dalam menjaga inflasi utamanya dari sisi pasokan bahan pangan lewat operasi pasar. Seperti pasokan daging, misalnya.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah mengalokasikan cadangan daging beku yang siap digelontorkan jika pasokan daging di pasar sudah mulai berkurang. Cadangan bahan baku ini juga dipenuhi melalui impor, seperti bawang putih.

Hal lain yang dilakukan Pemerintah untuk membantu masyarakat menekan pengeluaran di bulan Ramadan adalah pemberlakuan diskon tarif tol dengan besaran 10%. Diskon ini diterapkan di seluruh ruas tol, kecuali Trans Jawa.

Masa berlakunya bervariasi, antara 11 Juni hingga 20 Juni, tergantung kebijakan pengelola. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tren pasar properti yang siklikal ini, menurut Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, bisa dimanfaatkan konsumen untuk mendapatkan rumah dengan harga terbaik. Pada periode ini, pasar properti akan berpihak kepada pembeli.

(Jangan dulu beli rumah dan apartemen sebelum menyimak Review Properti)

“Periode Ramadan ini adalah periode di mana pasar bersifat buyer’s market. Artinya, daya tawar dari pengembang cenderung lebih lemah terhadap pembeli, baik itu pembeli untuk ditinggali maupun pembeli untuk investasi. Pada periode ini, pengembang biasanya menawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan-kemudahan lainnya,” katanya.

Ike menambahkan bahwa bagi mereka yang belum memiliki rumah, alih-alih membelanjakan Tunjangan Hari Raya dan tabungan lainnya untuk kebutuhan konsumtif seputar Ramadan, lebih baik digunakan untuk mewujudkan impian memiliki rumah.

“Mencari hunian bukanlah keputusan yang mudah diambil, namun Rumah.com menyediakan beragam fitur yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri,” pungkas Ike.


Cukup Bayar DP MURAH Mulai dari RP 10 JUTA Anda bisa dapat Rumah Baru Minimalis dan Mewah di Bosproperti.com Aksesbilitas yang Mudah dan Berbagai Macam Fasilitas yang ada, Bebas Biaya Surat-surat dan KPR kami yang Urus.

Tingkatkan Penjualan Proyek Perumahan Anda 3x Lebih Cepat!!! Kami siap membantu Anda menciptakan Winning Marketing Strategy yang Terbukti Efektif dan Efisien! yang berhasil membantu lebih dari 50 Proyek Perumahan di Area Jabodetabek!
Info Selengkapnya Kunjungi Bosproperti.com/Jasa-Pemasaran

Lihat Berita lainnya…

Berita Terkait

  • KPR

Baca ini Sebelum Membeli Rumah dengan DP Nol persen

Mulai 1 Agustus 2018, Bank Indonesia (BI) memberlakukan pelonggaran uang muka atau Down...

Lanjutkan Membaca
  • KPR

Beberapa Langkah ketika Ingin Membeli Rumah tanpa KPR

Keinginan memiliki Rumah sendiri selagi masih muda adalah impian bagi siapa saja, Banyak...

Lanjutkan Membaca
  • KPR

Beli Rumah Subsidi tetap dikenakan DP 5 Persen?

Program Rumah DP 0% akan berlaku mulai 1 Agustus 2018 Bank Indonesia (BI) akan  memberikan...

Lanjutkan Membaca